Bore up, 200 CC Lebih?

disalin dari motorplus-online.com
2486bore-up-klx150-(1).jpgKawasaki KLX 150S seperti bebek atau skubek Yamaha. Sangat modifable, bisa dibore up sangat gede. “Masih menggunakan stroke standar saja bisa 200 cc,” jelas Juffry Willar dari Research & Develompmet Mitra2000.

Omongan Jufry bisa dibuktikan. Terlihat dari blok silinder KLX150. Posisi antar lubang baut silinder sangat berjauhan. 2487bore-up-klx150-(2).jpg“Memungkinkan untuk diganti dengan boring yang lebih gede. Sehingga bisa dipasangi seher 70 mm,” jelas Juffry dari kantornya di Lodan Center Blok G, No. 2, Jl. Lodan Raya 2, Jakarta Utara.

Jika menggunakan piston 70 mm bisa caplok punya Yamaha Scorpio dan pasang bos untuk pin piston. Maklum pin pistonKLX150 hanya 15 mm, sedang punya Scorpio 16 mm. Dengan piston 70 mm dan stroke standar 54,4 mm bisa menghasilkan kapasitas silinder 209 cc.

2488bore-up-klx150-(3).jpgNamun jika menggunakan piston 70 mm dirasa kelawat gede. Bore x stroke selisihnya sangat jauh. Dikhawatirkan mesin tidak imbang. Namun sah saja bagi yang mau nekat.

Lebih aman caplok piston punya Honda Tiger standar yang diameternya 63,5 mm. Masih menggunakan stroke standar, kapasitas silinder bisa 172 cc.

Namun untuk sementara Juffry masih riset yang low alias aman saja. Sementara baru pasang piston 60 mm dengan stroke standar. Kapasitas silinder hanya meningkat 153,7 cc. Cukup lumayan dibanding standar yang hanya punya volume bersih 143,6 cc. Berarti naik 10 cc.

Dalam main bore up, Jufrry pasang piston 60 mm keluaran Thailand untuk variasi Yamaha V-xion. Tapi tersedia pin ukuran 15 mm. Sehingga pas dipasang di KLX150.2489bore-up-klx150-(4).jpg

Menurut Juffry yang berkacamata itu, enaknya lagi klep standar KLX150 sudah lebar. Klep in dan ex sekitar 28/25,5 mm. Cukup mumpuni untuk main bore up.

Desain kem standar juga sudah gendut. Kalau diamati sepertinya overlap klep sangat besar. Karakternya seperti motor balap.

Namun sayang, karburator KLX150 seperti punya Mio. Menggunakan karbu model vakum dengan ukuran venturi hanya 24 mm. Jufry bilang, setelah bore up bagusya pakai karbu 26-28 mm model skep biasa.

Jika mau lebih enak lagi ganti klep gede. Bisa aplikasi merek EE yang aslinya untuk Mitshubishi Evo. Diameter payung klep isap 31 mm dan buang 25,5 mm.

Atau kalau mau lebih murah bisa pakai klep milik Honda Tiger. Namun konsekuensinya harus ganti bos klep dan mengubah posisi sudut bos klep.

Penulis/Foto : Aong/GT

0 comments

Leave a Reply