disalin dari motorplus-online.com |
Ada tiga pilihan karburator buat Yamaha Scorpio-Z. Pastinya opsi karbu buat Scorpio-Z pakai tipe skep alias alias bukan vakum. Artinya, sekali sentak gas putaran mesin langsung respon. Motor cepat ngacir. Berbeda dengan pengabut bawaan Scorpio-Z yang menggunakan mekanismen vakum. Grip gas harus dibuka perlahan untuk meningkatkan putaran mesin. “Pilihannya bisa pakai karbu Honda Tiger, Keihin PE28, atau punya Yamaha RX-King,” beber Nurhafidin, mekanik bengkel Koperasi Yamaha Scorpio Club Indonesia (KYSCI), jakarta. Afid, panggilan Nurhafidin, ngasih urutan tiga karbu skep untuk Scorpio-Z sesuai kelebihannya. Paling utama sih menurut Afid pakai karbu Tiger paling simpel dan gampang pemasangannya. “Enggak perlu pakai adaptor. Langsung pasang aja pas kok ke intake manifoldnya Scorpio-Z,” jelas Afid. Karbu Tiger pakai merek Keihin 28. Jangan lupa Keihin 28 punya Tiger enggak bisa langsung dipasang karena setelah nempel di leher angsa, derat setelan udara susah disetel. Pasalnya, posisi baut penyetelnya hampir ketutup sama ujung dinamo starter. Sebelum dipasang karbu Tiger kudu ubah kombinasi pilot-jet dan main-jet. Kombinasi yang pas pilot-jet 40 dan main-jet 118. “Jangan lupa setelan udara diputar 1,1/8 putaran. Setelah pas baru dipasang,” jelas Yongi Setiady dari Yong’s Motor, Bandung. Tinggal kabel gas asli Scorpio-Z diganti dengan Tiger. Di Tiger ada dua kabel gas ke arah karbu. Kalau untuk dipasang ke Scorpio-Z pakai kabel gas tarik aja. “Kodenya kabel A. Jangan lupa beli karbu Tiger tahun 1998 ke bawah yang bekas aja. Harganya enggak lebih dari Rp 500 ribu dan gampang nyetingnya,” ujar Om Yong yang bermarkas di kawasan Kenari, Bandung. Seandainya mau sedikit ribet, silakan pilih deh karbu Keihin PE28 milik Honda NSR150 SP. Dibilang ribet karena pemasangan PE28 ke Scorpio-Z butuh tambahan adaptor sekitar 3 cm. Spuyer pilot-jet pakai ukuran 40 dan main-jet 115. "Tapi, nyetingnya enggak semudah pakai karbu Tiger. Tambah adaptor aja sudah pengaruh buat nyeting spuyer. Kelemahannya pasti di putaran menengah atas," jelas Afid dari markasnya di kawasan Slipi, Jakarta Pusat. Jangan lupa brother, karbu PE yang asli di atas Rp 1 juta. Silakan deh beli yang imitasi dan tentunya kudu pintar seting agar dapat yang pas. Pilihan terakhir pakai pengabut bahan bakar Yamaha RX-King, Mikuni 26. Banderol Mikuni 26 punya RX-King yang asli Rp 700 ribuan. Ini pilihan terakhir kalau sudah nyerah cari karbu Tiger dan Keihin PE28. Pasalnya penggantian pakai RX-King eksperimen Afid yang akan mengalami kesulitan pas pemasangan. Kudu bikin juga adaptor kalau mau dipasang ke Scorpio-Z. "Main-jet juga diturunin. Tapi, cuma enak pas di putaran bawah aja. Sisanya tenaga mesin ketahan," ulas lajang 28 tahun ini. Penulis/Foto : Niko/GT |
Categories
- balita (1)
- Bank (2)
- Batu (1)
- bekerja (1)
- Bussiness (8)
- channel (1)
- cinta (1)
- Communications (1)
- D journey (2)
- dna (1)
- Dunia anak (2)
- energi (1)
- energy (4)
- Energy_Jiwa Raga (1)
- Energy_sumber energi (1)
- Guru Bangsa (3)
- Gus Dur (5)
- Healthy (3)
- honda (1)
- house (1)
- Indonesia (2)
- Informasi_Elektronika (4)
- Informasi_Engine (1)
- Informasi_Otomotif (59)
- Informasi_Sunnatullah (1)
- Informasi-Ruang-Waktu-Materi-Energy (1)
- Information_Komputer (1)
- Information_Otomotif (7)
- internet (1)
- intuisi (1)
- istana kita semua (1)
- Jalan-jalan (1)
- kanak-kanak (1)
- Kata mereka.... (1)
- kata mutiara (1)
- keuangan (1)
- konco (1)
- kuda besi (1)
- life (1)
- Link (1)
- Live_Life_Love (9)
- manajemen (3)
- Masjid (1)
- Mendiknas (1)
- mistery (1)
- mou (1)
- Network (1)
- otomotif (56)
- Pendapat mereka (1)
- pendidikan (4)
- Permainan (1)
- Pertanahan (1)
- PERTUMBUHAN (1)
- presiden (1)
- Ri (1)
- Rindu.ku/gitu. (1)
- roda 2 (1)
- sains (1)
- science (1)
- Search (1)
- sehari-hari (1)
- spirit (6)
- Techno (7)
- teman (1)
- teman-teman (1)
- teman-teman blogger (1)
- Time (1)
- Titik Nol (1)
- Tsunami (1)
- usia (1)
- valentino rossi (1)
Archives
-
▼
2010
(219)
-
▼
Februari
(92)
- Ledakan pada knalpot
- kiprok / regulator
- Pasang amplifier mobil
- Icon indikator
- Menyetel Kopling
- Menyetel klep
- Bongkar Mesin Yuk...
- Driving
- CorelDraw
- Performa Honda Blade 110R
- Spek korekan bebek standar 110 cc
- Kanzen Hybrid
- Honda Blade
- TENSIONER , motor
- Ring Banyak Macam Beda Fungsi
- Bocor Ban
- Special Engine
- Piston Bore Up
- Kaliper Rem Satu Vs Dua
- Kruk-as Pengaruhnya Sampai 1 DK
- Evolusi Sockbreaker
- Bebek Matik
- Ganti Rangka dan Mesin
- Grease
- CDI
- Kompresi Tinggi, jupiter z
- Ban Hujan
- Tingkatan CDI
- Tapak Ban
- Motor Irit, 1 Liter = 266 Km
- Kopling Sentrifugal
- Bahan Bakar Air
- Komponen Standar Resmi Dijual Bebas
- BAN DALAM
- Combi Brake
- Listrik prabayar - voucher token
- Mesin tambang raksasa
- Time machine_Berasal Dari Tahun 2036
- Sistem Listrik Prabayar
- Lafal Allah pada buah terong
- Listrik pra bayar
- Kampas Kopling Jupiter-Z, Misteri 5TN
- Merawat Aki Basah
- Karburator Vakum, Tentukan Akselerasi
- Velg, Beda Tipe Beda Servis
- Karburator dan Kem
- Scorpio Jadi Lebih Ganas
- Bore up, 200 CC Lebih?
- Tensioner Keteng
- Tool-Kit Bore Up
- Koil atau CDI?
- Setelan Klep
- Bongkar-Pasang Baut As
- Tukar Tambah Motor
- Motor Bodong
- Motor Bekas
- Kapasitas Oli Sokbreker
- Isi Oli Sokbreker
- Adaptor power 5V DC
- Busi Racing
- Sokbreker
- Honda PCX 125
- Komponen motor
- Putaran atas dipatok 110 km/jam
- Knalpot
- Oil cooler
- Kiprok
- Filter Yamaha
- Emisi
- Kampas kopling
- Sockbreaker
- kem alias camshaft
- Suara Ledakan motor
- Carburator
- skimmer
- Segitiga bermuda
- driving
- Sertifikat
- Perhitungan bangunan
- Cisco Berhasil Mengorbit
- Setelah Simjian Menemukan Atm
- Anak sekarang dan Internet
- Pengapian di Mobil
- Pemicu Mesin Mobil Mati
- System parkir otomatis
- BMW 730Li
- Kencanggihan dan Kehebatan BMW Seri-7
- Active Steering BMW
- Periksa Komponen Motor Untuk Perjalanan Jauh
- Persiapan perjalanan jauh dengan sepeda motor
- Harga Mobil Baru
- Mengemudi Aman dan Efisien
-
▼
Februari
(92)
0 comments