Kaliper Rem Satu Vs Dua

 
disalin dari motorplus-online.com
1166kaliper-piston-gt-1.jpgDulu banget, MOTOR Plus pernah menulis kekuatan kaliper satu piston vs dua piston. Dicontohkan pada kaliper Yamaha RX-King keluaran lama yang hanya satu piston. Dan kepala babi RX-King keluaran 1997 ke atas sudah dua piston.

Dari tulisan itu terungkap secara teori. Dari perhitungan memang benar lebih kuat 1 piston. Alasannya meski satu piston tapi ukuranya gede. Pendapat ini terus berkembang. Katanya satu piston lebih bagus.

Ini pula yang membuat pabrikan Yamaha Indonesia kini merevisi semua kaliper rem untuk produk motornya. Di Yamaha keluaran baru dipastikan sudah memakai 1 piston. Padahal dulunya hanya di RX-King lama dan Force 1. Kini sejak generasi Mio dan MX kembali 1 piston.

Rupanya pabrikan Yamaha juga mengamati kejadian di lapangan. “Kebayakan kaliper 2 piston langganan macet sebelah. Akibatnya hanya satu piston yang menekan kampas rem,” cocor Bule alias Samsuri, mekanik PJ Motor.1167kaliper-piston-gt-2.jpg

Kejadian macet pada salah satu piston kaliper bisa saja terjadi. “Biasanya karena kotor dan salah satu sil macet. Atau bisa juga karena salah satu sil rembes. Akibatnya tekanan minyak rem kurang kuat mendorong piston,” ucap Bule yang asli Kebon, Jeruk, Jakarta Barat itu.

Kejadian seperti ini bisa juga menimpa kepala babi atau kaliper buatan Mona alias motor Cina. Biasanya karena salah satu sil kurang kuat. Akibatnya minyak rem rembes dan tidak kuat menekan salah satu piston.

Pantas saja meski dua piston tapi teta[ kurang kuat. Kan hanya satu yang fungsi. Akibatnya kurang pakem dong.


Penulis/Foto : Aong/Dok. MOTOR Plus, GT

0 comments

Leave a Reply