disalin dari motorplus-online.com |
Ada yang bilang, kampas kopling alias plate friction Yamaha Jupiter-Z dari generasi pertama sampai sekarang sami mawon. Bahkan, ada anggapan dari generasi Yamaha F1Z-R, Vega, Jupiter, dan Jupiter-Z kampas koplingnya bisa saling tukar. Tapi, ternyata enggak begitu. Khusus Jupiter-Z ada misterinya. Mari bongkar misteri yang menyangkut kampas kopling Jupiter-Z. Dari generasi awal Jupie 110 cc sampai saat ini mengalami perubahan, salah satunya di kampas kopling. Semenjak tahun pertama sampai sekarang, plate friction itu sudah mengalami sedikitnya perubahan tiga kali kode part. Paling jelas di tiga baris pertama dari 10 baris angka dan huruf kode part. Ambil contoh 5TN-E6B51-000. Nah, Tiga baris di depan, 5TN, yang membedakan kampas kopling generasi awal Jupiter-Z dengan generasi selanjutnya. Awalnya kampas kopling Jupie 110 cc punya kode 5TN. Masuk pertengah tahun pertama produksi jadi 5TP, terus sekarang jadi 2P2. “5TN tuh masih kode dari Thailand. 5TP itu barangnya sama kayak 5TN. Terus terang sih, ada material yang beda dibanding produksi 2P2,” bilang sumber MOTOR Plus dari salah satu jaringan Yamaha. Usut punya usut 5TN atau pun 5TP enggak tahunya punya kualitas kompetisi atau lebih. Persatuan dijual sekitar sekitar Rp 40 ribu. Harga yang sama dengan 2P2, tapi 2P2 dikemas satu paket kampas kopling. Bayangin deh kualitas kompetisi bisa didapat dengan banderol Rp 40 ribuan. Lebih murah dibanding merek populer kampas kopling yang dilabeli racing. “Kualitasnya di atas kampas kopling racing lho. Harganya terjangkau, tapi sayang stoknya terbatas. Tim-tim balap Malaysia pun tahu kualitas 5TN di atas kampas kopling yang katanya racing. Makanya, mereka minta order khusus kampas kopling Jupiter-Z yang 5TN,” ujar salah satu pemain komponen kompetisi di Kebon Jeruk III, Jakarta Barat. Bahkan, ada beberapa tim road race pengguna Yamaha menggunakan 5TN. Irit penggunaannya. Sekali latihan kondisi kampas masih tetap utuh. Namun sayang, kini agak susah melacak kampas 5TN atau 5TP. Karena di beberapa tempat jaringan resmi garputala hanya menyediakan yang kode partnya 2P2. Pihak narasumber juga bilang bahwa, mungkin kebijakan Yamaha tepat. Kualitas tinggi untuk kampas kopling agak mubazir kalau hanya untuk harian. “Makanya, sekarang yang minta kampas kopling 5TN sudah enggak ada. Terlebih harganya juga ikut kurs dollar karena masih impor,” bilang sumber MOTOR Plus. Oh.... Penulis/Foto : Niko/GT |
Categories
- balita (1)
- Bank (2)
- Batu (1)
- bekerja (1)
- Bussiness (8)
- channel (1)
- cinta (1)
- Communications (1)
- D journey (2)
- dna (1)
- Dunia anak (2)
- energi (1)
- energy (4)
- Energy_Jiwa Raga (1)
- Energy_sumber energi (1)
- Guru Bangsa (3)
- Gus Dur (5)
- Healthy (3)
- honda (1)
- house (1)
- Indonesia (2)
- Informasi_Elektronika (4)
- Informasi_Engine (1)
- Informasi_Otomotif (59)
- Informasi_Sunnatullah (1)
- Informasi-Ruang-Waktu-Materi-Energy (1)
- Information_Komputer (1)
- Information_Otomotif (7)
- internet (1)
- intuisi (1)
- istana kita semua (1)
- Jalan-jalan (1)
- kanak-kanak (1)
- Kata mereka.... (1)
- kata mutiara (1)
- keuangan (1)
- konco (1)
- kuda besi (1)
- life (1)
- Link (1)
- Live_Life_Love (9)
- manajemen (3)
- Masjid (1)
- Mendiknas (1)
- mistery (1)
- mou (1)
- Network (1)
- otomotif (56)
- Pendapat mereka (1)
- pendidikan (4)
- Permainan (1)
- Pertanahan (1)
- PERTUMBUHAN (1)
- presiden (1)
- Ri (1)
- Rindu.ku/gitu. (1)
- roda 2 (1)
- sains (1)
- science (1)
- Search (1)
- sehari-hari (1)
- spirit (6)
- Techno (7)
- teman (1)
- teman-teman (1)
- teman-teman blogger (1)
- Time (1)
- Titik Nol (1)
- Tsunami (1)
- usia (1)
- valentino rossi (1)
Archives
-
▼
2010
(219)
-
▼
Februari
(92)
- Ledakan pada knalpot
- kiprok / regulator
- Pasang amplifier mobil
- Icon indikator
- Menyetel Kopling
- Menyetel klep
- Bongkar Mesin Yuk...
- Driving
- CorelDraw
- Performa Honda Blade 110R
- Spek korekan bebek standar 110 cc
- Kanzen Hybrid
- Honda Blade
- TENSIONER , motor
- Ring Banyak Macam Beda Fungsi
- Bocor Ban
- Special Engine
- Piston Bore Up
- Kaliper Rem Satu Vs Dua
- Kruk-as Pengaruhnya Sampai 1 DK
- Evolusi Sockbreaker
- Bebek Matik
- Ganti Rangka dan Mesin
- Grease
- CDI
- Kompresi Tinggi, jupiter z
- Ban Hujan
- Tingkatan CDI
- Tapak Ban
- Motor Irit, 1 Liter = 266 Km
- Kopling Sentrifugal
- Bahan Bakar Air
- Komponen Standar Resmi Dijual Bebas
- BAN DALAM
- Combi Brake
- Listrik prabayar - voucher token
- Mesin tambang raksasa
- Time machine_Berasal Dari Tahun 2036
- Sistem Listrik Prabayar
- Lafal Allah pada buah terong
- Listrik pra bayar
- Kampas Kopling Jupiter-Z, Misteri 5TN
- Merawat Aki Basah
- Karburator Vakum, Tentukan Akselerasi
- Velg, Beda Tipe Beda Servis
- Karburator dan Kem
- Scorpio Jadi Lebih Ganas
- Bore up, 200 CC Lebih?
- Tensioner Keteng
- Tool-Kit Bore Up
- Koil atau CDI?
- Setelan Klep
- Bongkar-Pasang Baut As
- Tukar Tambah Motor
- Motor Bodong
- Motor Bekas
- Kapasitas Oli Sokbreker
- Isi Oli Sokbreker
- Adaptor power 5V DC
- Busi Racing
- Sokbreker
- Honda PCX 125
- Komponen motor
- Putaran atas dipatok 110 km/jam
- Knalpot
- Oil cooler
- Kiprok
- Filter Yamaha
- Emisi
- Kampas kopling
- Sockbreaker
- kem alias camshaft
- Suara Ledakan motor
- Carburator
- skimmer
- Segitiga bermuda
- driving
- Sertifikat
- Perhitungan bangunan
- Cisco Berhasil Mengorbit
- Setelah Simjian Menemukan Atm
- Anak sekarang dan Internet
- Pengapian di Mobil
- Pemicu Mesin Mobil Mati
- System parkir otomatis
- BMW 730Li
- Kencanggihan dan Kehebatan BMW Seri-7
- Active Steering BMW
- Periksa Komponen Motor Untuk Perjalanan Jauh
- Persiapan perjalanan jauh dengan sepeda motor
- Harga Mobil Baru
- Mengemudi Aman dan Efisien
-
▼
Februari
(92)
0 comments