Kanzen Hybrid

diambil dari motorplus-online.com
726kanzen-lpg-axl-1.jpgKanzen Hybrid mengusung sistem bahan bakar bensin dan gas sekaligus. Artinya bisa pilih, mau pakai bensin atau gas. Sehingga lebih fleksibel, kalau gas abis tinggal tekan sakelar untuk pindah menggunakan bensin.

Sistem bahan bakar bensin yang menggunakan karburator sih sudah banyak yang tahu. Tapi bagaimana sistem bahan bakar gasnya? Komponen apa saja yang diperlukan agar gas bisa terbakar di ruang bakar. Lebih jelas lihat skema dan langsung dibedah aja, yuk.


FILLER ONE WAY VALVE
727kanzen-lpg-axl-2.jpg

Jika di motor bensin, filler one way seperti tutup tangki. Sebagai tempat memasukkan cairan LPG. Lho kok cairan? Iya kan tabung LPG buat dapur rumah tangga itu sebenarnya berisi cairan. Namun mudah mengembang alias menguap, makanya disebut gas.

Dari tempat SPBG (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas) biasanya tekanan gas 10-12 bar. “Masuk ke tangki lewat regulator. Selanjutnya dalam tabung diisi hanya 8 bar,” jelas Chris Andri Tjahjono dari bagian product engineering, PT Kanzen Motor Indonesia (KMI).

REGULATOR

Regulator atau pengatur tekanan di Kanzen berbeda dengan regulator kompor gas. Regulator Kanzen bekerja dua arah, bila ada tekanan dari SPBG akan membuka untuk mengalirkan gas menuju tabung. Juga sekaligus untuk mengalirkan gas bila mesin akan memakai gas.

“Berbeda dengan regulator kompor yang hanya searah. Menyalurkan gas dari tabung menuju kompor. Tidak bisa bolak-balik,” jelas Chris yang berambut lurus itu.

TABUNG GAS

Tabung gas di Kanzen mirip tabung 3 kilogram untuk kompor. Bahkan bisa saling tukar bila motor dipakai di pedesaan dan tidak dijumpai SPBG. Tabung ini bisa diisi gas LPG (Liquified Petroleum Gas) atau BBG (Bahan Bakar Gas).

LPG komposisinya propana dan butana. Sedang BBG komposisinya metana. “Nilai panas LPG lebih besar dari BBG. Sehingga memakai LPG lebih menguntungkan dipakai di motor. Tenaganya lebih besar dibanding memakai BBG,” rinci Chris.

ELECTRIC SWITCH VALVE

729kanzen-lpg(mirip-koil)-axl.jpgFungsi electric switch valve (ESV) sebagai sakelar. Bila diaktifkan atau sakelar di-ON-kan, akan mengalirkan gas dari tabung dan regulator menuju evavotor.

ESV bekerja berdasarkan aliran listrik. Bentuk ESV seperti koil. Di dalamnya terdapat lilitan untuk membangkitkan medan magnet bila dialiri arus listrik. Akibat medan magnet itu, menarik klep supaya membuka aliran gas yang masih 8 bar.



EVAVORATOR
730kanzen-lpg(regulator)-axl.jpg

Evavorator fungsinya untuk menurunkan tekanan gas. Pada evavorator tingkat pertama asalnya tekanan gas dari tabung 8 bar diubah jadi 2 bar. Sedang evavorator kedua yang asalnya 2 bar jadi 0,5 bar. Antara evavorator pertama dan kedua jadi satu unit.

KATUP APFC

APFC singkatan dari Accelerated Power by Fuel Comsumsion. Artinya bila motor digas mendadak untuk akselerasi perlu konsumsi gas yang lebih. APFC tentu sangat dibutuhkan. Sebab suplai atau aliran gas yang menuju silinder cenderung stabil. Untuk memompa atau memperbesar aliran menggunakan APFC.

Kalau di motor bensin APFC ibarat skep di karbu. Buka-tutupnya dipengaruhi putaran grip gas. Makanya APFC yang letaknya di evavorator ini dihubungkan dengan tali atau kabel gas.

APFC kerjanya memperbesar tekanan gas yang asalnya konstan 0,5 bar jadi 0,8 bar. “Sehingga suplai gas lebih banyak masuk ruang silinder. Digunakan untuk keperluan akselerasi bila gas diputar mendadak,” jelas Chris yang sudah mempatenkan motor BBG ini.

KARBURATOR MIXER

728kanzen-lpg(karbu-mixer)-axl.jpgPihak Kanzen menyebutnya karburator mixer pada peranti sebagai tempat mencampur gas dengan udara. Aslinya sih karburator biasa. Namun oleh pihak Kanzen dimodif dan dipesan khusus pada produsen karburator. Desain dan cara kerjanya juga sudah dipatenkan.

Aliran gas dari evavorator langsung masuk karbu. Posisi aliran gas masuk di venturi karbu. Bila gas dibuka dan kevakuman tinggi, gas akan tersedot banyak. Prinsipnya sama dengan bensin dari spuyer.

Penulis/Foto : Aong/Herry Axl

2 comments

  1. Kayaknya cukup menarik untuk dicoba nih.
    Tapi saya sedang mencari mesin yg 200-300cc yg
    ada versneling maju dan mundur dulu.Saya akan modivikasi untuk semi bugy/go carts,apa ada masukkan buat saya?Dimana saya dapat beli carburator sprti ini.Yg bisa gas dan bensin?
    Terima kasih,Widyo Wibowo.talentapersada@yahoo.co.id

  2. kapan Product Kanzen motor hybrid di rilis ke Pasaran. Apa perlu inden dulu?
    trims
    Okim

Leave a Reply