disalin dari .motorplus-online.com |
![]() Sebutlah Honda GL-Pro (gbr. 1) dan Kawasaki Ninja 150RR (gbr. 2). Sokbreker depan GL-Pro dilengkapi setelan gas. Sedang sok belakang Ninja 150RR, ada tabung gasnya. Semua punya pentil buat mengisi gas. Sokbreker tipe ini lebih mumpuni. Kerja pegas dibantu dua sistem, yaitu hidrolik dan pneumatic. "Kerja gas atau pneumatic membantu spring atau per kembali mekar. Pertama, guncangan diredam oli. Tapi, karena kembalinya oli lambat, agar cepat, dibantu tekanan gas," jelas Reiner, dari divisi Service dan Spare-parts PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). ![]() Lebih lanjut Handy jelaskan gas yang dipakai mengisi sokbreker adalah Nitrogen. "Pakai Nitrogen lebih stabil dan ringan. Jadi meski sok bekerja gas tidak panas. Selain itu, kandungan air di nitrogen lebih sedikit dibanding gas lain," urai Deputi Service PT Astra Honda Motor itu. Gas nitrogen ini fungsinya membantu peredaman dan rebound. Jika turunnya cepat, gas membuat baliknya lebih lambat. Sehingga motor tidak mantul saat melintas jalan kribo. Namanya juga gas, menurut Handy dan Reiner, meskipun jarang, ada kemungkinan terjadi kebocoran. Jika sampai bocor, maka yang dirasa sokbreker seperti mati. Biasanya jadi terlalu empuk. Sebab, yang bekerja hanya per dan minyak. "Cirinya kalau membentur lubang. Saat kena benturan sokbreker cepat mendem tapi telat kembali. Saat benturan kedua, langsung terasa keras, seperti tidak ditahan dampernya," jelas Reiner. Kebocoran biasanya karena sil yang aus atau rusak. Atau bisa jadi saat pembongkaran ketika melakukan perawatan rutin. Makanya, baik Handy atau Reiner kompak menyarankan untuk selalu mengecek tekanan anginnya. Jika kurang, segera ditambah. Tentu dengan tekanan sesuai anjuran dari pabrik. Penulis/Foto : Aries/Dok. MOTOR Plus |
Categories
- balita (1)
- Bank (2)
- Batu (1)
- bekerja (1)
- Bussiness (8)
- channel (1)
- cinta (1)
- Communications (1)
- D journey (2)
- dna (1)
- Dunia anak (2)
- energi (1)
- energy (4)
- Energy_Jiwa Raga (1)
- Energy_sumber energi (1)
- Guru Bangsa (3)
- Gus Dur (5)
- Healthy (3)
- honda (1)
- house (1)
- Indonesia (2)
- Informasi_Elektronika (4)
- Informasi_Engine (1)
- Informasi_Otomotif (59)
- Informasi_Sunnatullah (1)
- Informasi-Ruang-Waktu-Materi-Energy (1)
- Information_Komputer (1)
- Information_Otomotif (7)
- internet (1)
- intuisi (1)
- istana kita semua (1)
- Jalan-jalan (1)
- kanak-kanak (1)
- Kata mereka.... (1)
- kata mutiara (1)
- keuangan (1)
- konco (1)
- kuda besi (1)
- life (1)
- Link (1)
- Live_Life_Love (9)
- manajemen (3)
- Masjid (1)
- Mendiknas (1)
- mistery (1)
- mou (1)
- Network (1)
- otomotif (56)
- Pendapat mereka (1)
- pendidikan (4)
- Permainan (1)
- Pertanahan (1)
- PERTUMBUHAN (1)
- presiden (1)
- Ri (1)
- Rindu.ku/gitu. (1)
- roda 2 (1)
- sains (1)
- science (1)
- Search (1)
- sehari-hari (1)
- spirit (6)
- Techno (7)
- teman (1)
- teman-teman (1)
- teman-teman blogger (1)
- Time (1)
- Titik Nol (1)
- Tsunami (1)
- usia (1)
- valentino rossi (1)
Archives
-
▼
2010
(219)
-
▼
Februari
(92)
- Ledakan pada knalpot
- kiprok / regulator
- Pasang amplifier mobil
- Icon indikator
- Menyetel Kopling
- Menyetel klep
- Bongkar Mesin Yuk...
- Driving
- CorelDraw
- Performa Honda Blade 110R
- Spek korekan bebek standar 110 cc
- Kanzen Hybrid
- Honda Blade
- TENSIONER , motor
- Ring Banyak Macam Beda Fungsi
- Bocor Ban
- Special Engine
- Piston Bore Up
- Kaliper Rem Satu Vs Dua
- Kruk-as Pengaruhnya Sampai 1 DK
- Evolusi Sockbreaker
- Bebek Matik
- Ganti Rangka dan Mesin
- Grease
- CDI
- Kompresi Tinggi, jupiter z
- Ban Hujan
- Tingkatan CDI
- Tapak Ban
- Motor Irit, 1 Liter = 266 Km
- Kopling Sentrifugal
- Bahan Bakar Air
- Komponen Standar Resmi Dijual Bebas
- BAN DALAM
- Combi Brake
- Listrik prabayar - voucher token
- Mesin tambang raksasa
- Time machine_Berasal Dari Tahun 2036
- Sistem Listrik Prabayar
- Lafal Allah pada buah terong
- Listrik pra bayar
- Kampas Kopling Jupiter-Z, Misteri 5TN
- Merawat Aki Basah
- Karburator Vakum, Tentukan Akselerasi
- Velg, Beda Tipe Beda Servis
- Karburator dan Kem
- Scorpio Jadi Lebih Ganas
- Bore up, 200 CC Lebih?
- Tensioner Keteng
- Tool-Kit Bore Up
- Koil atau CDI?
- Setelan Klep
- Bongkar-Pasang Baut As
- Tukar Tambah Motor
- Motor Bodong
- Motor Bekas
- Kapasitas Oli Sokbreker
- Isi Oli Sokbreker
- Adaptor power 5V DC
- Busi Racing
- Sokbreker
- Honda PCX 125
- Komponen motor
- Putaran atas dipatok 110 km/jam
- Knalpot
- Oil cooler
- Kiprok
- Filter Yamaha
- Emisi
- Kampas kopling
- Sockbreaker
- kem alias camshaft
- Suara Ledakan motor
- Carburator
- skimmer
- Segitiga bermuda
- driving
- Sertifikat
- Perhitungan bangunan
- Cisco Berhasil Mengorbit
- Setelah Simjian Menemukan Atm
- Anak sekarang dan Internet
- Pengapian di Mobil
- Pemicu Mesin Mobil Mati
- System parkir otomatis
- BMW 730Li
- Kencanggihan dan Kehebatan BMW Seri-7
- Active Steering BMW
- Periksa Komponen Motor Untuk Perjalanan Jauh
- Persiapan perjalanan jauh dengan sepeda motor
- Harga Mobil Baru
- Mengemudi Aman dan Efisien
-
▼
Februari
(92)
0 comments