disalin dari motorplus-online.com |
Teknologi tensioner di Honda Blade 110R sami mawon dengan generasi Honda Grand, Legenda, sampai Honda Vario. Penstabil rantai keteng itu dilengkapi dua roller yang posisinya di atas-bawah. Sistem penekannya selain per juga menggunakan tekanan oli. Berbeda dengan tensioner generasi Supra X 125 yang mirip dengan Suzuki Shogun dan Jupiter-Z. Sudah dilengkapi sistem tensioner yang lebih kaku. Artinya, jika rantai keteng kendur, secara otomatis tensioner menekan supaya tidak naik-turun. Tensioner Blade 110R dilengkapi roller dari karet. Ada batasan yang mesti diketahui. “Pastinya ketahanan roller yang dilengkapi gigi itu maksimal sampai 8.000 rpm. Berarti stabiliser rantai keteng jenis ini hanya cocok untuk harian,” jelas Adriansyah, mekanik balap yang pernah terkendala roller di bebek Honda lama itu. Bagaimana kalau buat balap? Persoalannya bebek kompetisi bermain di putaran mesin 13.000-14.000 rpm. Artinya, gasingan mesin hampir dua kali lipat dibanding standar. Efeknya roller akan jauh lebih cepat rusak alias aus di putaran mesin tinggi. Roller yang sudah rusak berakibat kendurnya rantai keteng dan nggak bisa dikontrol. Berarti kerja kem jadi enggak stabil lagi. Buka-tutup klep sudah enggak sesuai perhitungan. Kalau sudah begini, benturan antar klep isap-buang atau tabrakan piston dengan valve bisa terjadi. Enggak ada solusi paling jitu, kecuali rantai kenteng mesti dikontrol. Malah mesti siap ganti beberapa kali rantai keteng dalam sekali balapan. Seandainya, rantai kendur terus-menerus bikin beban berlebihan buat roller. Ujung-ujungnya, roller jebol. Kelas 110 cc 4-tak di OMR Honda mau tak mau harus menggunakan bebek C-Series yang masih mengusung penegang keteng tempoe doeloe. Supaya roller awet lantaran keteng naik-turun, solusinya penegang harus dibikin rigid. Seperti dilakukan Komar dari Bintang Racing Team. Ketika masih balap pakai Supra Fit, menerapkan sistem rigid. “Per tensioner diganti batang besi supaya kuat menonjok keteng. Sehingga tidak naik-turun dan bikin awet roller,” jelas Komar dari markasnya di Cibinong, Bogor. Penulis/Foto : Niko/GT |
Categories
- balita (1)
- Bank (2)
- Batu (1)
- bekerja (1)
- Bussiness (8)
- channel (1)
- cinta (1)
- Communications (1)
- D journey (2)
- dna (1)
- Dunia anak (2)
- energi (1)
- energy (4)
- Energy_Jiwa Raga (1)
- Energy_sumber energi (1)
- Guru Bangsa (3)
- Gus Dur (5)
- Healthy (3)
- honda (1)
- house (1)
- Indonesia (2)
- Informasi_Elektronika (4)
- Informasi_Engine (1)
- Informasi_Otomotif (59)
- Informasi_Sunnatullah (1)
- Informasi-Ruang-Waktu-Materi-Energy (1)
- Information_Komputer (1)
- Information_Otomotif (7)
- internet (1)
- intuisi (1)
- istana kita semua (1)
- Jalan-jalan (1)
- kanak-kanak (1)
- Kata mereka.... (1)
- kata mutiara (1)
- keuangan (1)
- konco (1)
- kuda besi (1)
- life (1)
- Link (1)
- Live_Life_Love (9)
- manajemen (3)
- Masjid (1)
- Mendiknas (1)
- mistery (1)
- mou (1)
- Network (1)
- otomotif (56)
- Pendapat mereka (1)
- pendidikan (4)
- Permainan (1)
- Pertanahan (1)
- PERTUMBUHAN (1)
- presiden (1)
- Ri (1)
- Rindu.ku/gitu. (1)
- roda 2 (1)
- sains (1)
- science (1)
- Search (1)
- sehari-hari (1)
- spirit (6)
- Techno (7)
- teman (1)
- teman-teman (1)
- teman-teman blogger (1)
- Time (1)
- Titik Nol (1)
- Tsunami (1)
- usia (1)
- valentino rossi (1)
Archives
-
▼
2010
(219)
-
▼
Februari
(92)
- Ledakan pada knalpot
- kiprok / regulator
- Pasang amplifier mobil
- Icon indikator
- Menyetel Kopling
- Menyetel klep
- Bongkar Mesin Yuk...
- Driving
- CorelDraw
- Performa Honda Blade 110R
- Spek korekan bebek standar 110 cc
- Kanzen Hybrid
- Honda Blade
- TENSIONER , motor
- Ring Banyak Macam Beda Fungsi
- Bocor Ban
- Special Engine
- Piston Bore Up
- Kaliper Rem Satu Vs Dua
- Kruk-as Pengaruhnya Sampai 1 DK
- Evolusi Sockbreaker
- Bebek Matik
- Ganti Rangka dan Mesin
- Grease
- CDI
- Kompresi Tinggi, jupiter z
- Ban Hujan
- Tingkatan CDI
- Tapak Ban
- Motor Irit, 1 Liter = 266 Km
- Kopling Sentrifugal
- Bahan Bakar Air
- Komponen Standar Resmi Dijual Bebas
- BAN DALAM
- Combi Brake
- Listrik prabayar - voucher token
- Mesin tambang raksasa
- Time machine_Berasal Dari Tahun 2036
- Sistem Listrik Prabayar
- Lafal Allah pada buah terong
- Listrik pra bayar
- Kampas Kopling Jupiter-Z, Misteri 5TN
- Merawat Aki Basah
- Karburator Vakum, Tentukan Akselerasi
- Velg, Beda Tipe Beda Servis
- Karburator dan Kem
- Scorpio Jadi Lebih Ganas
- Bore up, 200 CC Lebih?
- Tensioner Keteng
- Tool-Kit Bore Up
- Koil atau CDI?
- Setelan Klep
- Bongkar-Pasang Baut As
- Tukar Tambah Motor
- Motor Bodong
- Motor Bekas
- Kapasitas Oli Sokbreker
- Isi Oli Sokbreker
- Adaptor power 5V DC
- Busi Racing
- Sokbreker
- Honda PCX 125
- Komponen motor
- Putaran atas dipatok 110 km/jam
- Knalpot
- Oil cooler
- Kiprok
- Filter Yamaha
- Emisi
- Kampas kopling
- Sockbreaker
- kem alias camshaft
- Suara Ledakan motor
- Carburator
- skimmer
- Segitiga bermuda
- driving
- Sertifikat
- Perhitungan bangunan
- Cisco Berhasil Mengorbit
- Setelah Simjian Menemukan Atm
- Anak sekarang dan Internet
- Pengapian di Mobil
- Pemicu Mesin Mobil Mati
- System parkir otomatis
- BMW 730Li
- Kencanggihan dan Kehebatan BMW Seri-7
- Active Steering BMW
- Periksa Komponen Motor Untuk Perjalanan Jauh
- Persiapan perjalanan jauh dengan sepeda motor
- Harga Mobil Baru
- Mengemudi Aman dan Efisien
-
▼
Februari
(92)
0 comments