Archives: Februari 2010

Ledakan pada knalpot

disalin dari ahass.net 


beberapa hal yang menyebabkan terjadinya ledakan – ledakan pada knalpot pada saat motor dinyalakan:

  1. Pembakaran terlalu Lean(miskin)
  2. Knalpot ada yang bocor
  3. Pengapian tidak tepat
Langkah jitu atasi knalpot nembak-nembak pada motor Honda :
  1. langkah awal pastikan dulu knalpot ente nggak bocor, kalo pake knalpot racing, gunakan yang ada sekat-sekatnya.
  2. Kalo ada masalah berhubungan dengan pembakaran, langkah pertama adalah periksa hasil pembakaran pada kepala busi,
    1. putih & kering : artinya terlalu lean/miskin alias irit
    2. putih kecoklatan : berarti baik-baik saja
    3. hitam & agak basah : artinya rich/kaya alias boros
  3. Pastikan stelan air screw(stelan angin) pada saat langsam jangan terlalu banyak, alias pas-sin dengan hingga RPM mesin stabil / tidak tersendat-sendat, ukuran standar untuk motor Honda bebek: 1,5 putaran, Honda Sport: 2 – 2,5 putaran air screw.
  4. Kalo resep diatas blm manjur, coba bukaair screw/stelan angin sampai keluar screw(sekrup) + Pegas dan O-ringnya,
  5. Periksa O-ringnya, kemungkinan rusak atau malah tidak ada(hilang),
  6. O-ring kalo tidak ada, efeknya ada kebocoran angin ke karburator, membuat pembakaran jadi lean(miskin)
  7. Solusinya adalah ganti o-ring dengan yang baru,
  8. Masalahnya adalah kalo kita cari di took-toko diluar, O-ring tersebut tidak ada kecuali beli carburator repair kit
  9. Jadi triknya adalah, beli korek api gas di took-toko samping rumah ente, yang harganya Rp1.000,-
  10. Bongkar tuh korek api, pasti ente akan menemukan O-ring yang ente cari,
  11. Pasang O-ring dengan benar kedalam air screw, dijamin ngga ada kebocoran udara dari situ.
  12. Kalo belum juga kunjung hilang, terakhir periksa system pengapian (CDI) coba pinjem temen, ganti sebentar dan test, kalo bagus berarti CDI enter harus di museumkan ;-)

kiprok / regulator

disalin dari ahass.net
 
Sudah menjadi kisah nyata bahwa kebanyakan orang punya motor, terutama yang punya duit pas-pasan, saat menemukan kiprok / regulatornya rusak, lalu ngecek harga Originalnya ternyata harganya selangit. akhirnya pakai produk imitasi atau kwalitas nomer 2. dipakai sebulan, langsung jebol lagi, jebol lagi dan jebol lagi.
Sebagai contoh milik Honda Grand. asli buatan Honda Genuine Parts harganya Rp. 103.000,-.
ketimbang mahal, akhirnya pilih barang murah alias imitasi yang harganya Rp. 50-60 ribuan.murah banget donk!!!tetapi sebulan atau dua bulan kemudian, aki enggak bisa ngisi lagi lantaran kiprok jebol, gejalanya lampu depan redup-redup…, terpaksa ganti lagi yang baru.
bukan hanya itu, mending jika kiproknya nggak mau ngisi aja, coba kalo kiprok bisa ngisi tetapi karena dioda zener didalam kiprok rusak, pengisian menjadi over, akibatnya dapat merusak sel-sel didalam aki, jadi selain sampeyan ganti kiprok, juga harus ganti aki baru.
belajar dari kejadian itu, makanya saya menyarankan kepada bikers semua, untuk beli yang asli, sebab pakai palsu jatuhnya lebih MAHAL. Meski harga regulator Grand orisinil diatas 100 ribu, tetap lebih murah lantaran dipakainya bisa lima tahun.Ingat! jangan salah beli, berikut part numbernya:
  • Tipe Grand/Supra = 31600-KRS-971
  • Tipe Tiger = 31600-KG1-920
  • Tipe Supra X125 = 31600-KTM-N01
untuk itu, meski sekali lagi gunakan spare parts orisinil yang direkomendasikan pabrikan demi kenyamanan anda dalam berkendara sehari-hari dan juga kenyamanan kantong belanja anda. :-)
Regulator tidak seperti komponen listrik lain. Sistem kerjanya tidak bisa ditawar-tawar.
Selain mengubah arus AC menjadi DC juga membatasi arus listrik jangan sampai berlebihan.

Pasang amplifier mobil

disalin dari duniabengkel.com

pasang power amplifier
Untuk mendapatkan kepuasan maksimal dalam audio mobil, anda pasti memerlukan amplifier, juga bila anda berencana untuk memasang subwoofer anda wajib memasang amplifier. Memasang amplifier tidak sesulit yang anda bayangkan, bisa menghemat uang lebih daripada harus memasangnya ditoko lebih baik pasang sendiri aja, berikut cara memasang amplifier :
  1. Langkah pertama
    Tentukan dimana anda akan memasang amplifier. Bila anda berencana memasang subwoofer, pasang amplifier sedekat mungkin dengan subwoofer, jika hanya speaker saja, amplifier bisa diletakan dibawah kursi depan penumpang
  2. Langkah kedua
    Siapkan kabel berikut untuk pemasangan amplifier
    • Kabel power (+) warna merah, ukuran sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada buku manual amplifier, biasanya tercantum dalam satuan AWG (semakin kecil nilai AWG maka semakin besar diameter kabel tersebut, contoh ukuran 8 AWG lebih kecil dibandingkan dengan ukuran kabel 4 AWG). Untuk power berkapasitas 500watt RMS biasanya direkomendasikan menggunakan kabel power berukuran 4 AWG. Untuk panjangnya ukur jarak dari aki ke amplifier, usahakan panjang kabel se-efisien mungkin, agar mudah dalam penataan kabel dan rapih.
    • sekring audioJangan lupa untuk memasang “fuse” (sekring) pada kabel power (+) berwarna merah, jarak ideal untuk pemasangan sekring biasanya sekitar 45cm diukur dari posisi aki (+), pasang sekring dengan ukuran 60Ampere, jenis sekring untuk audio banyak dijual dipasaran.
    • Kabel ground (-) warna putih sama besarnya dengan ukuran kabel power (4 AWG) dengan panjang jangan lebih dari 90cm
    • kabel audio rca jackKabel RCA, sesuai dengan channel pada amplifier klo 2 channel ya beli 2, klo 4channel ya beli 4, dan seterusnya…

    • Kabel Remote yang menghubungkan signal head unit dengan power amplifier, tidak perlu ukuran besar, cukup kabel kecil aja, sekitar 18 – 8 AWG
    • Kabel speaker, kabel subwoofer bila anda berencana memasangnya
    • Terminal kabel model garpu
  3. Langkah ketiga
    Siapkan perkakas berikut untuk memulai pekerjaan
    • Obeng plus (+), obeng min (-)
    • Tang potong, cutter
    • Isolasi dan solder berikut timah
  4. Langkah ke empat
    Keluarkan head unit anda dari dashboard, periksa urutan kabelnya
    Lepaskan speaker dari dudukannya agar memudahkan anda dalam merapihkan kabel

Tips & Warnings

  1. Head unit adalah kaset player atau cd playet yang ada pada dashboard kendaraan anda.
  2. Head unit model lama belum memiliki RCA jack, jadi anda memerlukan amplifier yang memiliki input speaker bukan input RCA
  3. Baca petunjuk pemasangan amplifier, biasanya ada informasi yang dapat membantu anda memudahkan dalam pemasangan, seperti ukuran kabel, ukuran sekring, dll
  4. Speaker bawaan pabrik biasanya kurang mampu menerima power dari amplifier, sebaiknya cari speaker yang memilki upgrade sesuai dengan kapasitas amplifier yang akan anda pasang.

Pemasangan

  1. Langkah pertama
    Lepaskan kabel min (-) aki
    Lakukan ini selalu bila anda mengerjakan system kelistrikan pada kendaraan anda untuk menghindari konslet
  2. Pasang kabel merah (+) dari aki, pasang sekring (45cm setelah aki), lanjutkan dengan menghubungkan kabel yang keluar dari sekring ke amplifier (+) 12Volt DC. Untuk menghindari terjadinya distorsi usahakan kabel positif (+) tidak dekat dengan kabel RCA, ataupun dengan kabel speaker.
  3. Pasang kabel ground pada baut yang menempel dibodi, pastikan baut tersebut baik kondisinya, tidak karatan, amplas permukaan bodi sampai terlihat plat besi, pasang kabel ground dan baut.
  4. Lepas head unit dan pasang kabel remote yang terdapat pada head unit ke amplifier, kemudian pasang RCA jack yang juga terletak dibagian belakang head unit, pastikan tepat posisinya (speaker kiri dan speaker kanan).
  5. Lanjutkan dengan memasang kabel speaker (gunakan isolasi kertas dan beri tanda untuk (+) dan (-), kemudian pasang kabel speaker pada terminal (+) amplifier dan (-) amplifier gunakan sekun dan solder agar kuat dan rapih.
  6. Bila anda memasang subwoofer, pasang kabel subwoofer (+) dan (-) kemudian sesuaikan juga di amplifier.
  7. Pastikan amplifier sudah duduk dengan baik, perlu diperhatikan juga sirkulasi udara disekitar amplifier, karena amplifier mudah panas, dan perlu ruangan yang cukup, dimaksudkan agar umur pakai amplifier tahan lama.
  8. Pasang kembali kabel min (-) aki, set volume pada head unit low,kemudian naikan tahap demi tahap, tes suara yang dihasilkan pada masing-masing speaker, sebelum anda merapikan pekerjaan anda.
  9. Bila suara yang dihasilkan pada masing-masing speaker terdengar baik,rapihkan pekerjaan anda dan setel amplifier sesuai dengan kar

Icon indikator

disalin dari duniabengkel.com

rasanya info ini pantes banget gue bagi buat komunitas anak bengkel, Jujur gue udah nyetir mobil kurang lebih 30 tahun, selama ini gue pikir instrumen yang ada didashboard mobil udah gue kenalin semua, ada RPM, ada Speedometer, ada Indikator Panas Mesin, dan yang terakhir ada Indikator Bensin, sisanya mungkin lu semua lebih paham lagi ..
Pernah ngga pinjem mobil atau mungkin loe sewa mobil dari rentcar trus mau ngisi bensin cuma loe ngga perhatiin posisi tanki bensin…waduh posisi tempat ngisi bensin disebelah kanan apa kiri ya.,,..?? klo udah begini pasti kepala musti keluar hehehe tengok ke belakang kiri dan kanan hehehe :)
Sadar atau ngga tapi sebenernya ada rahasia pada “Indikator Bensin” coba perhatikan gambar berikut ini..tanki bensin mobil
Ada icon kecil bergambar “mesin pompa bensin” perhatikan posisi selang tersebut ada di posisi kiri atau kanan?? posisi selang menandakan lokasi dari tempat pengisian bensin tersebut heheheh baru tau kan.. :) atau bisa juga anda memperhatikan jarum dari indikator tersebut, bila jarum menunjuk kearah kiri berarti tempat untuk anda mengisi bensin ada disebelah kiri begitu pula sebaliknya..
Ada baiknya kita sebarkan informasi ini ke rekan dan sahabat untuk memudahkan mereka dalam mengisi bensin.. Salam.. D.B :)

Menyetel Kopling

disalin dari ahass.net

stel_kopling_honda-4.jpg
Sediakan peralatan sbb:
stel_kopling_honda.jpg
  1. Obeng (-) sedang
  2. Kunci Ring 14-17
Langkah penyetelan :
  1. stel_kopling_honda-3.jpg

    Kendorkan Mur pengunci baut stelan kopling dengan kunci ring 14 ke arah kiri hingga kendor
  2. stel_kopling_honda-2.jpg
    Putar baut penyetel kearah kanan (searah jarum jam) hingga terasa ada sentuhan, lalu putar kembali kearah kiri hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti

  3. obeng_stel_kopling.png
    Putar kembali baut penyetel kearah kanan sebanyak 1/4 – 1/8 putaran.

  4. stel_kopling_honda-1.jpg
    Kencangkan Mur pengunci kearah kanan hingga baut penyetel terkunci.
Periksa hasil penyetelan dengan cara
  • Hidupkan mesin,
  • Masukkan persnelling pada gigi 1 dan tahan pedal persnelling
  • Putar gas hingga seperempat putaran atau kurang lebih 1000-2000RPM
  • Perhatikan roda belakang, apabila diam atau bebas, artinya penyetelan berhasil, apabila terus berputar, berarti penyetelan belum tepat, maka harus diulang langkah diatas.
Demikian tips penyetelan kopling otomatis untuk semua motor bebek produksi PT. Astra Honda Motor.
Semoga bermanfaat!

Menyetel klep

dialin dari ahass.net

Ada kalanya Anda mecoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.
Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;
  1. Obeng (-) besar
  2. Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
  3. Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
  4. Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
  5. Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
  6. Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
  7. Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
  8. Fuller gauge 1set
  9. Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport)
3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.
4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.
5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.
6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;
  • Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
  • Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
  • Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
  • Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11
7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.
8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)
9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!
Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

Bongkar Mesin Yuk...

disalin dari ahass.net

Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;

1. siapin alat-alatnya
  • kunci-kunci standar seperlunya
  • kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
  • bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
  • bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
  • bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
  • lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
  • balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
  • kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
  • buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
  • mesin bagian kiri
    • komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
  • mesin bagian atas
    • komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
  • mesin bagian kanan
    • komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
  • mesin bagian tengah
    • komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
  • gasket kit A ( paking top set )
  • gasket kit B ( paking full set )
  • oil seal selah
  • oil seal operan / persnelling
  • oil seal gear
  • oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!
Klo begini ongkos bongkar pasang mesin GRATIS! Karena kita sendiri yang ngerjain, klo di kerjakan di bengkel Ahass / bengkel umum kisaran harganya ; Rp. 150.000,-
Tapi inget, harus optimis dahulu sebelum mencoba jagan ragu-ragu… kalo ragu-ragu datang dan relakan aja Rp. 150.000 ke bengkel Ahass… TAPI AMAN….! DAN BERGARANSI! — > 1 bulan.
Okey… itulah tips saya… yang ingin bertanya… atau berkomentar silahkan ditunggu…!

CorelDraw

disalin dari sharmilaohsharmila.blogspot.com

CorelDraw 12 merupakan salah satu software desain grafis yang sangat terkenal. Berbagai fasilitas untuk mendesain tersedia di sini sehingga memudahkan para penggunanya untuk memanfaatkannya. CorelDraw 12 dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat brosur, membuat pamphlet, surat undangan, majalah, brosur dan cover buku yang menarik.
Supaya dapat membuahkan hasil yang menarik, diperlukan latihan-latihan. Sebagai bahan latihan, akan saya paparkan tips & triks menggunakan coreldraw. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua
  1. Membuka Corel Draw
Klik Start à All Programs à pilih CorelDRAW Graphics Suite 12 à Klik CorelDraw 12.
Cara lain: Klik shortcut di desktop yang bertuliskan CorelDraw 12.
  1. Tampilan Corel Draw
o Menu utama (1) à terdiri dari menu-menu untuk mengoperasikan CorelDraw 12.
o Standar (2) à perintah-perintah pada menu utama
o Property bar (3) à berisi tombol-tombol perintah tambahan.
o Tool box (4) à berisi alat untuk mendesain gambar.
o Ruler (5) à sebagai garis pengukur objek
o Color Pallete (6) à berisi perintah untuk memilih warna objek.
o Pages (7) à sebagai petunjuk halaman yang aktif.
o Lembar kerja (8) à halaman tampilan untuk tempat mendesain objek.



  1. Menyimpan Desain File
Klik menu File à Save à tulis pada filename nama filenya à tekan Save.
  1. Menutup File
Klik menu File à klik Close.
  1. Menutup Program CorelDraw 12
Klik menu File à klik Exit.
  1. Mengatur Ukuran/ Jenis Kertas
Klik menu File à New à klik kotak Paper Type/Size pada property bar pilih jenis kertas yang anda inginkan. Misalkan letter, legal, tabloid dsb.
  1. Mengatur unit satuan
Klik Drawing Unit pada property bar untuk memilih unit satuan yang anda inginkan. Misalkan: inches, millimeters, dsb.
  1. Menampilkan dan mengatur Grid
Klik menu View à Grid à garis grid akan ditampilkan.
Jika anda ingin mengubah garis grid menjadi titik-titik, klik menu View à Grid and Ruler Setup à muncul kotak dialog, pilih Show grid as dots untuk mengubah garis menjadi titik-titik.
  1. Menambah halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 à Klik kanan, pilih Insert Page After.
  1. Menghapus halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 2 à Klik kanan, pilih Delete Page Before.
  1. Mengubah nama halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 à Klik kanan, pilih Rename.
  1. Membuat objek segi empat
Klik Rectangle Tool pada Tool Box atau tekan F6 à pointer akan berubah menjadi tanda (+) à drag dan drop mouse pada lembar kerja à akan terbentuk persegi panjang.
Jika anda ingin membuat persegi/ bujur sangkar, Langkah sama seperti membuat persegi panjang. Hanya saja pada saat drag tombol kiri mouse sambil tekan Ctrl pada keyboard.
Jika ingin sudut dari segi empat di atas berbentuk melengkung (tidak siku) maka caranya adalah: tekan Pick Tool pada Tool Box à pilih objek segi empat tersebut à Klik Shape Tool (atau tekan F10) à Arahkan pointer pada sudut segi empat lalu drag (geser sedikit) dengan menekan tombol kiri mouse.
  1. Membuat objek lingkaran
Klik Ellipse Tool pada Tool Box atau tekan F7 à pointer akan berubah menjadi tanda (+) à drag dan drop mouse pada lembar kerja à akan terbentuk lingkaran.
Jika anda ingin mengubah lingkaran menjadi variasi yang berbeda, Langkahnya drag lingkaran tersebut à klik Shape Tools pada Tool Box. Jika ingin bentuk pie, drag-lah lingkaran dari dalam. Jika ingin bentuk arc, drag-lah lingkaran dari luar.
  1. Membuat objek polygon
Klik Polygon Tool atau tekan Y à arahkan pointer yang berbentuk (+) ke lembar kerja à tekan tombol kiri mouse geser secara diagonal sambil tekan tombol Ctrl pada keyboard à terbentuklah polygon segi lima.
Untuk menambah atau mengurangi segi tersebut, gunakan fasilitas Number of Point on Polygon à klik segi yang dikehendaki (missal 3) à akan terbentuk segitiga.
Untuk mengubah polygon menjadi bentuk bintang, lakukan langkah berikut. Drag segi lima à tekan shape Tool à arahkan pointer ke objek tersebut di antara dua segi yang berpotongan à tarik kedalam à terbentuk segi lima menjadi bintang.
  1. Membuat objek spiral
Klik ke Polygon Tool à pilih Spiral Tool atau tekan A à pada lembar kerja klik dan geser tombol kiri mouse sambil tekan tombol Ctrl pada keyboard à terbentuklah spiral.
  1. Membuat objek table
Klik polygon Tool à klik Grap Paper Tool atau tekan D à tekan dan geser tombol kiri mouse pada kanvas à terbentuklah table
  1. Menggunakan Freehand Tool
Klik Freehand Tool pada Toolbox à pada kanvas klik tombol kiri mouse à drag kearah yang diinginkan à jika sudah sesuai keinginan, tekan tombol Esc pada keyboard untuk mengakhiri.
Apabila ingin melengkungkan garis, klik Shape Tool à tempatkan pointer pada garis yang ingin dilengkungkan à klik kanan mouse à klik pilihan To Curve.
  1. Menggunakan Bezier Tool
Klik Bazier Tool pada Toolbox à pada kanvas klik satu kali pointer bertanda (+) à pindah ke posisi lain à klik lagi di posisi tersebut à lanjutkan hingga sesuai dengan objek yang diinginkan.
Bila ingin melengkungkan garis dari objek di atas, klik Shape Tool à tempatkan pointer pada garis yang ingin dilengkungkan à klik kanan mouse à klik pilihan To Curve
  1. Menggunakan Dimension Tool
Buatlah sebuah objek, misalkan persegi panjang berukuran 8×8,5 cm à didalamnya buatlah lingkarang berdiameter 8,5 cm à pada Toolbox, klik Dimension Tool à pada Property Bar pilih Horisontal Tool (untuk menjelaskan garis mendatar) dan pilih Vertical Tool (untuk menjelaskan garis vertical) à pada Dimension Style pilih decimal dengan satuan 0 pada Dimension Precission à pada Dimension Unit pilih cm à aktifkan Show units for Dimension à klik tombol Text Position Drop Down à klik pilihan, teks dimensi di bagian tengah garis à Posisikan pointer pada garis yang akan diberi dimensi / keterangan.
  1. Menggunakan 3 Point Curve Tool
Klik 3 Point Curve Tool pada Toolbox à pada kanvas, klik point 1 à drag dan lepaskan pada point 2 àklik di point 3 à terakhir satukan point 2 dengan point 1 dengan pointer.
  1. Menggunakan Smart Drawing Tool
Klik Smart Drawing Tool pada Toolbox à pada Property Bar pada Shape Recognition Level, pilih Medium dan pada Smart Smooting Level, pilih Highest. à pada kanvas, klik point 1, point 2, point3 dan point 4 à Secara otomatis akan terbentuk objek yang simetris.

Sumber : http://nurwahyu.wordpress.com/2007/07/07/tips-trik-belajar-corel-draw-12/

Performa Honda Blade 110R

disalin dari motorplus-online.com

 
1006tes-balde1.jpgHonda Blade 110R memang siap balap. Dirancang tidak hanya untuk kebutuhan ke pasar, tapi juga gampang dibikin kencang. Untuk diajak kebut harian, juga tidak perlu main korek yang berisiko mesin rusak. Cukup bolt-on atau pasang part racing sudah langsung ngacir.

Untuk mengetahui peningkatan performa setelah pasang part racing, pertama dijajal kondisi standar dulu. Supaya ada parameter jelas, jajal langsung di atas dynotest milik PT Trimentari Niaga Jaya di Cibinong, Bogor. Dipandu Suar yang aslinya mekanik BRT (Bintang Racing Team).

Kondisi standar, tenaga atau power Blade 110R hanya 7,12 hp pada putaran 6.700 rpm. Setelah itu baru deh pasang knalpot racing. Knalpot racing dicoba duluan karena paling mudah didapat. Semua toko variasi menyediakan pipa buang yang katanya racing itu.

Tapi sayang, khusus buat Blade 110R memang jarang karena masih baru. MOTOR Plus juga ketika jajal menggunakan knalpot racing untuk Supra X 125 merek AHAU. Memang rada susah dipasang karena harus lepas footstep dan rem belakang. Tapi, buat dynotes gak masalah lantaran kedua peranti itu tidak dipakai.

Tanpa perlu seting ini dan itu, langsung aja Blade 110R berknalpot racing naik mesin dynotes lagi. Tenaga yang didapat lumayan mengagetkan. Tanpa seting spuyer tenaga melonjak 8,01 dk pada kitiran 6.700 rpm.1007tes-balde2.jpg

Karakter Blade 110R memang beda. Motor bebek lain, jika dipasang knalpot racing paling kenaikannya hanya 0,4-0,5 dk. Mungkin karena knalpot standar Blade 110R punya leher kecil. Juga banyak tekukan, sehingga gas buang seperti tertahan.

Spuyer juga tidak perlu diseting. Dari hasil pengukuran AFR (Air Fuel Ratio), terlihat kurvanya berkisar di 13 : 1. “Kondisi ini masih aman, artinya tidak kekurangan atau kelebihan bensin. Tidak overheat dan tenaga tidak ngedrop,” jelas Suar.

Kondisi ideal, pembakaran yang sempurna antara bensin dan udara ada di angka 12,5 : 1. Artinya 12,5 molekul udara terbakar tuntas dengan 1 molekul bensin. Tidak ada sisa yang meninggalkan kerak.

Dari angka ini terlihat jelas, jika masih tetap menggunakan filter, jangan coba-coba meningkatkan angka spuyer. “Risikonya mbrebet atau kelebihan bensin. Tenaga motor juga ngedrop, pastinya ruang bakar juga cepat kotor,” jelas Suar yang asli wong Jowo itu.

Angka 8,01 dk jelas sudah melewati Supra X 125. Dari hasil dynotest, tenaga bebek 125 buatan Honda itu hanya 7,99 dk. Sudah keok dong dilibas Blade 110R. Apalagi sudah ganti CDI racing.

PASANG CDI RACING NAIK LAGI


Setelah knalpot racing langsung lagi coba cangkok CDI racing. Dipilih buatan BRT yang bisa diprogram. Paling pas tipe remote yang fleksibel. Timing atau kurva pengapian bisa diprogram semaunya. Maklum CDI buat Blade 110R dan knalpot racing belum ada yang riset.

Setelah melalui beberapa kali tes serta trial and error, baru didapat timing pengapian pas. Timingnya pada tingakatan rpm akan berbeda. Hasil perfeknya adalah:

RPM DERAJAT SEBELUM TMA
2.500 27
3.000 31
4.000 31
5.000 31
5.500 31
6.500 35
9.500 36
10.000 36
11.000 36
12.000 36

Setelah menggunakan kurva itu, tenaga Blade 110R mencapai 8,34 dk pada gasingan 6.700 rpm. Angka segini jauh meninggalkan Supra X 125 standar yang hanya 7,99 dk.

TIDAK PERLU GANTI SPUYER


Untuk sementara, jika hanya ganti knalpot dan CDI racing tidak perlu pasang spuyer gede. Dari hasil pengukuran AFR (Air Fuel Ratio), angkanya sudah ideal. Ini menandakan mesin 4-tak berbeda dibanding 2-tak zaman dulu.

Ketika era 2-tak, sehabis ganti knalpot dianjurkan ganti spuyer. Sebab mesin 2-langkah tidak dilengkapi klep. Jadi, knalpot sangat berpengaruh dalam mengatur debit gas bekas. Berbeda di mesin 4-tak yang ada klepnya, buka-tutup lubang intake dan out diatur klep, jadinya knalpot hanya membantu sedikit.

Data tidak perlu ganti spuyer ini tentu setelah menonaktifkan AIS (Air Induction System) ketika tes AFR. Di Honda disebut SASS (Scondary Air Suply System). Fungsinya menyemprotkan udara segar ke dalam gas buang. Jika SASS diaktifkan akan memperkaya oksigen.

Penulis/Foto : Aong, Kris, Tining/Istimewa

Spek korekan bebek standar 110 cc

disalin dari motorplus-online.com
241head-mp5-dvd.jpgSpek korekan bebek standar 110 cc 4-tak (MP5) punya Yamaha Trijaya (YT) dikenal tangguh. Jawara di MP5 kejurnas region 2, juga teruji di kancah OMR dan event besar lainnya. Itu yang membuat mereka mau berbagi.

YT buka peluang buat yang mau beli paket MP5. “Ada 3 paket yang disediain,” terang Rudy Hadiwijaya, bos YT yang punya markas di Jl. Rajawali Timur, No. 115, Bandung.

Paket A dengan harga Rp 8,5 juta, terdiri dari blok, piston, head seisinya lengkap dari klep, per klep, pelatuk juga kem. Ad karbu yang sudah direamer, manifold dan CDI Rextor Programable Limited Edition.

Paket B seharga Rp 6,5 juta, terdiri dari blok, piston, head seisinya, karbu dan manifold. “Sedang paket C terdiri dari blok dan piston, head seisinya, bisa ditebus dengan harga 5,5 juta,” terang Rudy yang bisa dikontak di 081-2222-7755.

Otomatis, kalau sudah dapat paket tersebut, tinggal seting sesuai keinginan. Tapi bahan dasarnya sudah mumpuni. “Misal untuk pilot-jet dan main-jet, pasti sesuai kondisi masing-masing. Tapi di paket A dan B sudah bekal korekan karbu yang sudah direamer,” terang pria yang rambutnya dicat kuning.

Penulis/Foto : Chuenk/David

Kanzen Hybrid

diambil dari motorplus-online.com
726kanzen-lpg-axl-1.jpgKanzen Hybrid mengusung sistem bahan bakar bensin dan gas sekaligus. Artinya bisa pilih, mau pakai bensin atau gas. Sehingga lebih fleksibel, kalau gas abis tinggal tekan sakelar untuk pindah menggunakan bensin.

Sistem bahan bakar bensin yang menggunakan karburator sih sudah banyak yang tahu. Tapi bagaimana sistem bahan bakar gasnya? Komponen apa saja yang diperlukan agar gas bisa terbakar di ruang bakar. Lebih jelas lihat skema dan langsung dibedah aja, yuk.


FILLER ONE WAY VALVE
727kanzen-lpg-axl-2.jpg

Jika di motor bensin, filler one way seperti tutup tangki. Sebagai tempat memasukkan cairan LPG. Lho kok cairan? Iya kan tabung LPG buat dapur rumah tangga itu sebenarnya berisi cairan. Namun mudah mengembang alias menguap, makanya disebut gas.

Dari tempat SPBG (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas) biasanya tekanan gas 10-12 bar. “Masuk ke tangki lewat regulator. Selanjutnya dalam tabung diisi hanya 8 bar,” jelas Chris Andri Tjahjono dari bagian product engineering, PT Kanzen Motor Indonesia (KMI).

REGULATOR

Regulator atau pengatur tekanan di Kanzen berbeda dengan regulator kompor gas. Regulator Kanzen bekerja dua arah, bila ada tekanan dari SPBG akan membuka untuk mengalirkan gas menuju tabung. Juga sekaligus untuk mengalirkan gas bila mesin akan memakai gas.

“Berbeda dengan regulator kompor yang hanya searah. Menyalurkan gas dari tabung menuju kompor. Tidak bisa bolak-balik,” jelas Chris yang berambut lurus itu.

TABUNG GAS

Tabung gas di Kanzen mirip tabung 3 kilogram untuk kompor. Bahkan bisa saling tukar bila motor dipakai di pedesaan dan tidak dijumpai SPBG. Tabung ini bisa diisi gas LPG (Liquified Petroleum Gas) atau BBG (Bahan Bakar Gas).

LPG komposisinya propana dan butana. Sedang BBG komposisinya metana. “Nilai panas LPG lebih besar dari BBG. Sehingga memakai LPG lebih menguntungkan dipakai di motor. Tenaganya lebih besar dibanding memakai BBG,” rinci Chris.

ELECTRIC SWITCH VALVE

729kanzen-lpg(mirip-koil)-axl.jpgFungsi electric switch valve (ESV) sebagai sakelar. Bila diaktifkan atau sakelar di-ON-kan, akan mengalirkan gas dari tabung dan regulator menuju evavotor.

ESV bekerja berdasarkan aliran listrik. Bentuk ESV seperti koil. Di dalamnya terdapat lilitan untuk membangkitkan medan magnet bila dialiri arus listrik. Akibat medan magnet itu, menarik klep supaya membuka aliran gas yang masih 8 bar.



EVAVORATOR
730kanzen-lpg(regulator)-axl.jpg

Evavorator fungsinya untuk menurunkan tekanan gas. Pada evavorator tingkat pertama asalnya tekanan gas dari tabung 8 bar diubah jadi 2 bar. Sedang evavorator kedua yang asalnya 2 bar jadi 0,5 bar. Antara evavorator pertama dan kedua jadi satu unit.

KATUP APFC

APFC singkatan dari Accelerated Power by Fuel Comsumsion. Artinya bila motor digas mendadak untuk akselerasi perlu konsumsi gas yang lebih. APFC tentu sangat dibutuhkan. Sebab suplai atau aliran gas yang menuju silinder cenderung stabil. Untuk memompa atau memperbesar aliran menggunakan APFC.

Kalau di motor bensin APFC ibarat skep di karbu. Buka-tutupnya dipengaruhi putaran grip gas. Makanya APFC yang letaknya di evavorator ini dihubungkan dengan tali atau kabel gas.

APFC kerjanya memperbesar tekanan gas yang asalnya konstan 0,5 bar jadi 0,8 bar. “Sehingga suplai gas lebih banyak masuk ruang silinder. Digunakan untuk keperluan akselerasi bila gas diputar mendadak,” jelas Chris yang sudah mempatenkan motor BBG ini.

KARBURATOR MIXER

728kanzen-lpg(karbu-mixer)-axl.jpgPihak Kanzen menyebutnya karburator mixer pada peranti sebagai tempat mencampur gas dengan udara. Aslinya sih karburator biasa. Namun oleh pihak Kanzen dimodif dan dipesan khusus pada produsen karburator. Desain dan cara kerjanya juga sudah dipatenkan.

Aliran gas dari evavorator langsung masuk karbu. Posisi aliran gas masuk di venturi karbu. Bila gas dibuka dan kevakuman tinggi, gas akan tersedot banyak. Prinsipnya sama dengan bensin dari spuyer.

Penulis/Foto : Aong/Herry Axl

Honda Blade

disalin dari motorplus-online.com
Mesin Honda Blade 110R punya seri NF110. Untuk keperluan balap, diprediksi gampang diseting. Beda sama generasi sebelumnya, C-Series 97 cc (100 cc) yang diterapkan di Astrea Prima, Grand, Supra sampai Revo.

Apa saja kelebihan Blade untuk pemakaian di balap. Nih alasannya.

BAUT BLOK BESAR

704blade-balap-chuenk0.jpgBaut tanam pengikat kepala dan blok silinder mesin C-Series diameternya cuma 5,20 mm. Sementara diameter drat cuma seukuran baut 10 (6 mm). Diseting kompresi tinggi sering nggak kuat. Baut kendur dan berakibat blok mangap.

Apalagi blok dibore up untuk ngejar volume 115 cc. “Jarak antara bibir liner dengan posisi baut tinggal 1 mm lebih dikit. Kalau mau ubah batangnya lebih gede, susah juga karena sudah sampai ke tepi liner,” jelas Erwin alias Akiang, mekanik Honda Banten Racing Team.

Kondisi itu beda sama Blade. Batang baut tanam lebih gede. Diameternya 6,20 mm, dengan diameter ulir 7 mm atau baut 11. Akiang buktikan di riset terbarunya. “Digeber kompresi 13,5 : 1, nggak ada gejala rembes atau bocor. Jadi saya kira sampai 14 : 1 masih kuat,” terang Akiang lagi.

Kelebihan lain, posisi baut dengan liner juga masih jauh, sekitar 6 mm. “Jadi selain tekanan saat kompresi nggak terlalu kencang, kalaupun batang mau diubah lebih gede dengan baut 12 juga 707blade-balap-chuenk4a.jpgbisa dilakukan. Tapi dengan batang sekarang sih, rasanya nggak perlu diubah,” papar mekanik yang sukses bikin Gandi Santana melejit di IndoPrix seri Sentul beberapa waktu lalu.

PENDINGINAN HEAD LEBIH BAGUS

Desain mangkuk penutup kepala silinder juga tampak lebih besar dibanding generasi Honda sebelumnya. “Jadi daya tampung oli yang mendinginkan head, kem dan lainnya yang ada di bagian depan lebih banyak. Otomatis, lebih dingin. “Dulu kan sering ada maslaah kepanaasan karena pendinginan kurang di bagian depan itu,” terang Akiang, yang siapkan Blade turun di balap.
706blade-balap-chuenk2.jpgBEARING KRUK AS LEBIH GEDE

Hal lain yang beda lagi adalah ukuran laher kruk-as. “Dulu, kruk as patah biasanya di posisi bearing yang batangnya kurang kokoh. Sekarang, laher sudah lebih gede. Jadi, efeknya kruk-as lebih kuat lagi,” yakin Akiang yang mekanik Rudi Motor Jl. Dewi Sartika, No. 32, Ciputat, Tangerang.


ROCKER ARM MODEL ROLLER
705blade-balap-chuenk1.jpg

Pelatuk atau rocker arm sebagai penggerak katup Blade seperti di Supra X 125. Menganut model roller, putaran kem halus dan ringan gesekan. “Untuk balap menguntungkan karena kem banyak digerinda ulang. Sistem roller bisa meredam gejala kem tidak halus,” terang Bobeng alias Sugiono, mekanik senior asal Purwokerto.

TENSIONER , motor

disalin dari motorplus-online.com
1011kekurangan-blade-gt.jpgTeknologi tensioner di Honda Blade 110R sami mawon dengan generasi Honda Grand, Legenda, sampai Honda Vario. Penstabil rantai keteng itu dilengkapi dua roller yang posisinya di atas-bawah. Sistem penekannya selain per juga menggunakan tekanan oli.

Berbeda dengan tensioner generasi Supra X 125 yang mirip dengan Suzuki Shogun dan Jupiter-Z. Sudah dilengkapi sistem tensioner yang lebih kaku. Artinya, jika rantai keteng kendur, secara otomatis tensioner menekan supaya tidak naik-turun.

Tensioner Blade 110R dilengkapi roller dari karet. Ada batasan yang mesti diketahui. “Pastinya ketahanan roller yang dilengkapi gigi itu maksimal sampai 8.000 rpm. Berarti stabiliser rantai keteng jenis ini hanya cocok untuk harian,” jelas Adriansyah, mekanik balap yang pernah terkendala roller di bebek Honda lama itu.

Bagaimana kalau buat balap? Persoalannya bebek kompetisi bermain di putaran mesin 13.000-14.000 rpm. Artinya, gasingan mesin hampir dua kali lipat dibanding standar. Efeknya roller akan jauh lebih cepat rusak alias aus di putaran mesin tinggi.

Roller yang sudah rusak berakibat kendurnya rantai keteng dan nggak bisa dikontrol. Berarti kerja kem jadi enggak stabil lagi. Buka-tutup klep sudah enggak sesuai perhitungan. Kalau sudah begini, benturan antar klep isap-buang atau tabrakan piston dengan valve bisa terjadi.

Enggak ada solusi paling jitu, kecuali rantai kenteng mesti dikontrol. Malah mesti siap ganti beberapa kali rantai keteng dalam sekali balapan. Seandainya, rantai kendur terus-menerus bikin beban berlebihan buat roller. Ujung-ujungnya, roller jebol.

Kelas 110 cc 4-tak di OMR Honda mau tak mau harus menggunakan bebek C-Series yang masih mengusung penegang keteng tempoe doeloe. Supaya roller awet lantaran keteng naik-turun, solusinya penegang harus dibikin rigid.

Seperti dilakukan Komar dari Bintang Racing Team. Ketika masih balap pakai Supra Fit, menerapkan sistem rigid. “Per tensioner diganti batang besi supaya kuat menonjok keteng. Sehingga tidak naik-turun dan bikin awet roller,” jelas Komar dari markasnya di Cibinong, Bogor.

Penulis/Foto : Niko/GT

Ring Banyak Macam Beda Fungsi

disalin dari motorplus-online.com
1090macam2-ring---endro-1.jpgSelain baut dan mur, ada satu komponen lain yang tak bisa dilepaskan dari keduanya. Padahal banyak tipe dan fungsinya. Sayangnya kita sering melupakannya. Komponen itu adalah ring.

Menurut awam, ring berfungsi sebagai penguat ikatan antara mur dan baut. Jika baut mengikat komponen lain tanpa mur, maka ring juga berguna sebagai pengunci baut dengan part itu. 1091macam2-ring---endro-2.jpg“Jika memasang baut tanpa ring, baut bisa terlepas atau malah mengunci terlalu kuat dengan mur atau komponen motor lain,” jelas Handy Hariko, Deputi Technical Service, PT Astra Honda Motor (AHM).

Namun, Handy juga menyebut banyak tipe ring. Semua model ring, meski fungsinya mirip, namun penggunaannya bervariasi. Makanya, Handy mewanti agar memperhatikan bahan dan bentuknya. Sebab, dari bahan dan bentuk ketahuan posisi pemakaiannya.

Dari bentuknya, yang paling sering dijumpai adalah ring pelat berbahan besi biasa. Ring ini biasanya dipakai pada posisi yang tidak terlalu penting. Biasanya ring ini selain memperkokoh ikatan baut, juga menjaga agar baut atau mur tidak merusak komponen yang diikat.

1092macam2-ring---endro-3.jpgLainnya adalah ring per. Ring ini dikenali dari bentuknya yang terputus. Ring ini berfungsi lebih detail lagi. Karena bentuknya mirip per, ia berguna untuk mendorong baut atau mur yang menguncinya.

“Dengan dorongan ring per, baut atau mur akan semakin mengunci. Biasanya ring per dipasang di bagian yang mendapat getaran besar. Atau di komponen yang mengikatnya tidak boleh terlalu keras. Misalnya batok lampu dari bahan plastik dibaut atau diskrup dengan alas ring per,” papar Rusmin Setiawan, manajer servis, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Dari sisi bentuk, baik ring pelat atau ring per pun masih ada variasinya lagi. Yaitu, yang ada geriginya. Ring pelat atau per yang ada geriginya lebih kuat mengunci baut atau mur.

BAHAN RING

Beralih ke bahan. Minimal ada tiga bahan pembuat ring. Yang umum dari pelat besi biasa. Dua lainnya berbahan baku aluminium dan kuningan atau tembaga. Beda antara pelat besi dengan aluminium atau kuningan, keliatan dari keempukan dan warnanya. Ring pelat besi lebih keras dari aluminum, tembaga atau kuningan. Dari sisi warna, pelat almu berona putih dan ring kuningan atau tembaga corak kuning.

Ring aluminium, tembaga atau kuningan dipakai pada posisi yang lebih spesifik. Itu karena bahannya lebih empuk. Sehingga ring model ini juga berfungsi sebagai paking dari baut atau mur pengunci.

“Biasanya dipakai di baut pengunci master atau kaliper rem, baut pengikat suling sokbreker. Karena bahan lebih empuk, ring aluminium, tembaga atau kuningan berguna juga sebagai paking,” tegas Handy Hariko.

Sebagai contoh di baut kepala silinder. Ring tembaga dipasang pada baut yang dilalui jalur oli. Sehingga oli tidak merembes karena ditahan ring yang sabagai paking itu. Jadi jangan pernah salah pasang. Nanti baut bisa lepas atau terjadi kebocoran.


Penulis/Foto : Aries/Endro